Peluang pasar dan pemasaran menjadi suatu hal yang sangat vital bagi kelangsungan suatu usaha. Usaha yang sehat adalah usaha yang dapat membidik secara tepat, benar dan cerdas tentang semua aspek produksi dan pemasaran, hal ini harus terprogram dan terintegrasi secara terencana dan bertahap.
Untuk susu kambing, peluang pasarnya masih sangat terbuka, hal ini didukung dengan beberapa data di lapangan sebagai berikut :
- Hingga saat ini susu kambing masih diproduksi dalam jumlah sangat terbatas, karena populasi kambing perah masih terbatas.
- Permintaan pasar sangat besar, tetapi belum dapat terpenuhi akibat produksi yang masih terbatas.
- Susu kambing memiliki keunggulan spesifik yang tidak dimiliki produk susu dari ternak lain seperti sapi perah, karena susu kambing selain untuk menjaga kesehatan juga berkasiat untuk pengobatan dan kecantikan.
- Harga jual produk masih cukup tinggi karena susu kambing di nilai merupakan produk istimewa dan pasokannya masih terbatas. (Rp. 10.000 – 20.000/ltr)
- Susu kambing sangat digemari konsumen luar negeri, sehingga berpeluang sebagai komoditi ekspor.
0 comments:
Posting Komentar