Teknik Beternak Kambing Peranakan Etawa

Dalam berusaha di bidang peternakan tentunya kita ingin agar hasil yang dicapai tidak mengecewakan, oleh karena itu dalam memulai usaha beternak kambing kita harus mengetahui berbagai hal yang menyangkut cara beternak yang baik, meliputi :

Pemilihan bibit
Dalam pemilihan bibit kambing yang akan diternakkan, kita dapat memilih baik buruknya kambing melalui pemilihan bibit kambing secara umum

Umur Kambing
Cara menentukan umur dengan melihat gigi
Perkiraan umur
Gigi seri susu sudah tumbuh semua
Kurang dari 1 th
2 Gigi seri susu sudah berganti gigi tetap
1 – 2 tahun
4 Gigi seri susu sudah berganti gigi tetap
2 – 3 tahun
6 Gigi seri susu sudah berganti gigi tetap
3 – 4 tahun
8 Gigi seri susu sudah berganti gigi tetap
4 – 5 tahun
Gigitetap sudah mengalami keausan/tanggal
Lebih dari 5 th


Aspek fisiologis kambing PE
Kambing peranakan etawa (PE) adalah hasil persilangan antara kambing etawa asli India dengan kambing kacang Indonesia.  Semakin mendekati ciri-ciri kambing etawa, kambing PE akan menghasilkan susu yang berkualitas dan banyak.  Ciri-ciri tersebut adalah adanya gelambir pada leher, rambut banjang dan lebat terutama di bagian paha belakang, tulang hidung cembung dan telinga terkulai/kepleh panjang dan melipat.

Pakan 
Secara alamiah ternak kambing lebih menyukai rambanan (daun-daunan) daripada rumput.  Hampir sebagian besar keberhasil usaha peternakan ditentukan oleh semakin efisiennya penggunaan pakan, karena biaya tertinggi adalah pada pakan. 
Berkaitan dengan alasan tersebut pemberian pakan secara ekonomis dan teknis memenuhi persyaratan dilandasi kebutuhan sebagai berikut :
  • Kebutuhan hidup pokok, artinya kebutuhan makanan pokok meskipun ternak kambing sudah tidak mengalami pertumbuhan dan aktivitas.
  • Kebutuhan untuk pertumbuhan, yaitu kebutuhan makanan yang diperlukan ternak kambing untuk memproduksi jaringan tubuh dan menambah bobot badan.
  • Kebtuhan untuk reproduksi, yaitu kebutuhan makanan yang diperlukan ternak kambing untuk proses reproduksi (kebuntingan)
  • Kebutuhan untuk laktasi, yaitu kebtuhan makanan yang diperlukan untuk memproduksi air susu.

Kesehatan
Faktor kesehatan sangat menentukan keberhasilan usaha peternakan.  Oleh karena itu menjaga kesehatan ternak harus menjadi prioritas utama disamping pakan dan tatalaksana yang memadai.
Secara umum penyakit yang sering menyerang ternak kambing adalah :
  • Kudis atau scabies
  • Cacingan
  • Kembung/Tympani
  • Radang kelenjar susu / Mastitis
  • Penyakit mulut dan kuku
  • Belatungan / Miasis


0 comments:

Posting Komentar